Jenis Jenis Pensil Terbaik Fungsi Kegunaannya Lengkap Terbaru

Jenis Jenis Pensil – Pada kesempatan kali ini admin akan membahas macam-macam pensil serta penjelasan dan pengertianya. Pensil maupun pena menjadi salah satu sebuah kebutuhan pokok dalam keseharian kita tentunya  buat anak sekolah maupun pertukangan dll

Hal demikian pensil tidak lepas dari kehidupan sehari-hari, yaitu kegiatan tulis menulis dan menggambar. Pensil memiliki fungsi sebagai media untuk mengungkapkan ide atau uraian yang ada dalam pikiran.

Keistimewaan dari pensil sendiri adalah media yang mudah untuk diperbaiki kesalahannya sehingga sering dipakai dalam membuat sebuah sketsa/ ide/ gambar. Pensil juga ikut berperan dalam sebuah gambar realisme.

Gambar realialisme sangat memperhatikan bantuk, teknik dan alat dalam mengarsir, salah satunya adalah pensil. Berikut jenis- jenis ketebalan pensil dalam menggambar gambar realisme:

Pensil 3H, 2H, H, F, HB, B

Pensil 3H, 2H, H, F, HB, B
Masmufid.com

Pensil graphite jenis ini memiliki warna yang standar dan daya tahannya juga sedang. Karena warnanya yang standar dan daya tahan yang cukup lunak,

Jadi jenis pensil 3H sampai B sangat cocok untuk menggambar sebuah sketsa gambar realisme. Pensil 4H sampai 9H sangat tidak disarankan untuk menggambar sebuah sketsa karena kertas gambar dapat rusak karena tekstur graphite yang keras.

Pensil 2B,3B

Pensil 2B,3B
Masmufid.com

Pensil yang bertanda B menyatakan pensil yang memiliki warna yang ketebalannya meningkat.
Semakin tinggi angkanya, semakin tebal goresan pensil tersebut.

Pensil yang bertanda 2B dan 3B memiliki daya tahan yang lebih lembut dan lunak dari pada pensil H dan B. Pensil Ini biasanya digunakan untuk mempertegas sketsa dan sebagai arsiran dasar dari suatu gambar realisme.

Pensil 4B,5B, dan 6B

Pensil 4B,5B, dan 6B
Masmufid.com

Pensil 4B, 5B, 6B biasanya digunakan pada bagian rambut yang tidak berwarna hitam, sebagai mixer (warna tengah pencampur warna terang dan gelap), dan bayangan warna kulit/ warna kulit yang agak gelap.

Pensil 7B,8B, dan 9B

Pensil 7B,8B, dan 9B
Masmufid.com

Pensil dengan tanda 7B, 8B, dan 9B merupakan pensil yang memiliki keteksturan yang sangat lunak dan tebal. Pensil dengan jenis ini digunakan untuk mengarsir rambut hitam, baju berwarna gelap, bayangan, dan bagian- bagian yang sangat gelap lainnya.

Dari berbagai jenis pensil di atas, Anda dapat mengkreasikan dan mengkolaborasikannya menjadi sebuah gambar realisme . Teknik yang dipakai dalam mengarsir juga dapat menambah efek realis pada gambar.

Alat tulis satu ini memang kebanyakan digunakan sebagai alat gambar, walaupun penggunaannya sebagai alat tulis banyak digunakan di berbagai aktivitas seperti di sekolah, perkantoran hingga pemerintahan. Pensil merupakan kebutuhan utama dan pelengkap material bagi para pelaku seni atau biasa kita sebut seniman.

Jenis Pensil

Jenis Pensil
Masmufid.com

Akan tetapi tahukah kamu jenis-jenis pensil yang digunakan untuk menggambar? Ternyata banyak lho jenisnya. Ayo cari tahu, jenis pensil apa saja yang digunakan untuk menggambar. Bacaterus telah merangkum sejumlah jenis pensil yang bisa mendukung hobi menggambarmu.

Pensil Grafit Standar (Standard Graphite Pencils)

Bila kamu tertarik untuk mulai menggambar, tentu saja pensil yang paling umum digunakan adalah pensil grafit standar, yang memiliki tipe kepadatan yang berbeda yaitu lunak, sedang, dan keras.

Lunak, semakin lunak kepadatannya maka semakin pekat warna hitamnya yang ditandai dengan semakin besarnya angka di depan huruf B (Black). Jenis pensil ini ditandai dengan kode-kode seperti 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B, 8B, dan 9B.

Sedang, tidak begitu keras dan tidak begitu lunak. Jenis pensi ini ditandai degan kode-kode seperti B (Black), HB (Half Back), F (Firm), H (Hard), 2H, dan 3H.

Keunggulan Pensil

Keras, pensil dengan kepadatan yang keras dengan efek warna yang tidak begitu gelap, cenderung memiliki warna abu-abu. Jenis ini ditandai dengan kode-kode seperti 4H, 5H, 6H, 7H, 8H, dan 9H.

Pensil grafit standar sangat cocok digunakan untuk sketsa awal dan untuk pekerjaan atau gambar-gambar yang membutuhkan detail yang tepat. Pensil jenis ini telah berevolusi menjadi berbagai macam bentuk yang berbeda, dan tentu saja fungsinya pun telah meningkat di berbagai aspek yang memudahkan kamu menggunakannya dalam kebutuhan sehari-hari.

Pensil Grafit Stik (Graphite Stick Pencils)

Pensil grafit stik ini terbuat dari campuran bubuk grafit dan lempung (atau tanah liat) yang telah dikompresi dengan suhu tinggi yang solid. Jumlah lempung lah yang menentukan tingkat kekerasan pada grafit stik. Sekarang ini pensil grafit stik tersedia dalam berbagai bentuk yang bervariasi seperti balok atau yang meniru bentuk dan ukuran pensil standar, dengan ujung dibuat meruncing.

Pensil mekanik yang kamu gunakan isinya adalah grafit stik ini yang ukurannya telah disesuaikan dengan ukuran pensil mekanik itu sendiri. Biasanya pensil grafit stik dilapisi plastik pelindung supaya tangan kamu tidak kotor saat menggunakannya.

Pensil ini bisa membuat garis yang lebih tipis ataupun lebih tebal dibandingkan dengan pensil grafit standar. Jenis pensil ini cocok digunakan untuk membuat bayangan dan sisi atau arsiran gelap dalam skala besar pada kertas gambar. Keuntungan lainnya menggunakan pensil ini adalah kamu dapat membuat goresan, dan garis-garis gelap yang khas dengan mudah.

Pensil Conte

Merupakan media gambar pensil yang terbuat dari bubuk grafit atau arang yang dikompres dan dicampur dengan lilin atau dasar lempung. Teknik menggambar dengan pensil ini banyak sekali macamnya, lho.

Di antaranya, Pensil Conte lebih banyak digunakan untuk tanda ekspresif dan dramatis pada gambar. Dapat juga digunakan pada kanvas siap pakai untuk gambar dasar sebuah lukisan. Selain dalam bentuk pensil, conte juga tersedia dalam bentuk stik conte dan crayon conte.

Pensil Charcoal

Pensil ini menghasilkan warna yang lebih hitam dibandingkan dengan pensil grafit. Mirip dengan conte, hanya saja cenderung mudah hancur dengan tekstur yang dihasilkan lebih kasar, sehingga bagus digunakan untuk impressionist drawings seperti arsiran dan sketsa cepat.

Pensil charcoal termasuk kedalam pensil serbaguna sebagai alat gambar karena bisa membuat bermacam-macam efek pada gambar kamu. Mulai dari garis hingga goresan atau coretan yang tebal yang membuat gambar kamu terkesan tegas.

Namun, untuk kamu yang baru mulai menggunakan pensil jenis ini akan terasa sulit untuk dikontrol dengan hasil yang terkadang terlihat berantakan, tetapi dengan memvariasikan tekanan saat menggambar, kamu dapat mengatur ketebalan dan teksturnya.

Pensil Dermatograph

Pensil Dermatograph tidak seperti pensil konvensional lainnya, karena inti komposit sebagian besar terdiri dari lilin. Hal ini memungkinkan untuk menunjukkan karakteristik yang mirip dengan crayon saat menggambar.

Pensil ini juga memiliki beberapa warna dasar, yang unik adalah inti pensil dililit dengan kertas linting yang melilit menjadi bentuk pensil. Jenis pensil ini tidak dapat diraut dengan rautan konvensional, kamu hanya perlu menarik benang ke arah bawah pensil dan melepas lintingan kertas untuk merautnya. Sulit menemukan pensil dermatograph di toko buku?

Pensil Warna

Pensil warna adalah pensil yang memiliki inti pigmen berwarna dan casing pelindung yang terbuat dari kayu. Inti dari sebagian besar pensil warna terbuat dari lilin, pigmen, aditif, dan bahan pengikat. Ada pula pensil warna lainnya yang berbasis minyak, larut dalam air dan beberapa bahkan mekanik.

Pensil warna yang digunakan di sekolah memiliki kualitas lebih rendah bila dibandingkan dengan pensil warna yang artistik. Pensil warna siswa terbuat dari pigmen berkualitas rendah dengan ketahanan lebih rendah. Walaupun tidak memiliki karakteristik yang ditentukan seperti kelas artistik, jenis ini lebih cocok untuk pemula karena bisa dihapus.

Watercolor Pencil

Pensil cat air atau yang lebih sering disebut watercolor pencil adalah pensil yang larut dalam air. Pensil ini adalah jenis pensil yang dapat berfungsi sebagai cat air jika digunakan bersamaan dengan kuas basah. Jangan salah, pensil ini juga bisa kamu gunakan kering seperti pensil warna standar.

Watercolor pencil juga dapat dicampur penggunaannya dengan pensil warna standar untuk menambah vibrant warna saat membuat sketsa atau menggambar. Pensil jenis ini sangat cocok untuk rancangan media campuran yang menyertakan watercolor paints dan acrylics.

Apakah kamu tertarik menggunakan berbagai jenis pensil diatas untuk membuat karya yang lebih berkesan? Kamu bisa mengkolaborasikan penggunaannya untuk membuat sebuah karya seni. Jika kamu baru mulai tertarik kedalam dunia gambar, mungkin kamu bisa mencoba menggunakan salah satunya terlebih dahulu karena membuat karya seni tentu saja butuh proses.

Menuangkan isi pikiran kedalam media gambar seperti kertas atau kanvas bisa kamu lakukan sebagai bentuk penghilang penat dan stress. Dari berbagai jenis pensil diatas, beberapa ukuran dan jenis tertentu mungkin agak sulit kamu dapatkan di toko secara langsung. Sehingga untuk alternatif, kamu bisa mencari secara online untuk membelinya.

Pensil adalah alat yang digunakan untuk menulis, bahkan dapat digunakan untuk menggambar. Untuk seseorang yang hobi menggambar dan memiliki sketsa hitam dan putih pasti akan menggunakan pensil ini sebagai alat gambar.

 

Sejak memasuki sekolah, kita semua familiar dengan pensil, terutama dengan inisial 2b. Ternyata alat ini memiliki berbagai jenis berdasarkan spesifikasi tertentu sesuai dengan fungsinya.

Sebagian besar pensil digunakan sebagai alat menggambar, meskipun tidak sedikit juga menggunakannya sebagai alat tulis. Untuk seniman, tidak sedikit yang menggunakan alat ini sebagai media untuk berekspresi. Dengan alat ini banyak karya unik yang memiliki nilai-nilai artistik yang cukup tinggi, bahkan tidak terlalu menarik daripada media lukisan lainnya.

Bekerja menggunakan pensil, juga sering disebut teknik kering, berbeda dari teknis basah yang membutuhkan bahan pendukung seperti air atau minyak.

Untuk hasil terbaik dalam membuat karya seni, kita perlu mengetahui berbagai jenis pensil dan fungsi. Inilah spesifikasinya.

Berbagai pensil berdasarkan tingkat kekerasan

  1. Lembut

Jenis ini biasanya ditandai dengan kode seperti 2b, 3b, 4b, 5b, 6b, dan 7b. Semakin besar angka di depan huruf b (hitam), semakin besar kepadatan dan hitam lebih tebal.

  1. Sedang

Jenis pensil ini tidak begitu keras dan tidak begitu lunak, biasanya jenis ini juga digunakan untuk menulis dan biat ditandai dengan huruf dan angka seperti H, HB, F, B, 2H, dan 3H.

B = hitam, hb = setengah hitam, h = keras, f = firm

  1. keras

Pensil dengan kepadatan keras, biasanya digunakan untuk membuat bangunan sketsa karena memiliki efek warna yang tidak begitu gelap bahkan cenderung abu-abu. Jenis ini biasanya ditandai dengan kode huruf dan 4H, 5H, 6H, 7H, 8H, 9H

H . keras

Berbagai pensil berdasarkan tingkat hitam dan fungsi

Pensil dengan kode yang dijelaskan di atas, memiliki tingkat kehitam yang berbeda.

Pensil dengan tingkat ketebalan rendah seperti H, B, HB, dan 2B lebih sering digunakan untuk membuat sketsa awal atau gambar desain. Untuk tingkat ketebalan sedang seperti 3b, 4b, dan 5b digunakan untuk membuat garis besar dan perisai. Sementara pensil dengan level tingkat tinggi seperti 6B, 7B, dan 8B yang khusus digunakan untuk menarik minat. Jenis ini biasanya digunakan untuk membuat efek air, kaca dan pencahayaan.

Jenis jenis pensil dan fungsinya:

1Pensil Mekanik

Pensil mekanis adalah salah satu jenis pensil yang hampir mirip dengan buloint dan sangat populer di kalangan remaja saat ini. Pensil ini memiliki keunggulan, yang dapat dibuat untuk menarik detail karena memiliki mata pensil kecil. Misalnya, seperti menggambar helai rambut. Tetapi pensil ini juga memiliki kekurangan, yang mudah rusak karena mata pensil kecil dan lembut.

Inilah jenis pensil yang biasa digunakan para mekanik atau tukang yaitu:

  • Pentel Graph Gear 1000.
  • Faber Castell Econ Mechanical Pencil.
  • 3aiside Minion Mechanical pencil.
  • Tombow Mano Graph Mechanical Pencil.
  • Stabilo Pensil Mekanik 2B.
  • Rotring 300 Clutch Pencil.
  • Pentel Graph Gear 500.
  • Milan Mechanical Pencil Capsule Slim.
  • Pilot Color Eno.
  • Rotring Tikky Mechanical Pencil.

Pensil Graphit

Pensil Graphit adalah salah satu jenis jenis pensil yang umumnya sering digunakan untuk menulis. Pensil ini terbuat dari kayu dan ujun dari pensil ini bisa diraut.

3. Pensil Conte Dan Charcoal

Pensil conte dan arang adalah salah satu jenis pensil yang hampir sama dengan pensil grafit. Tetapi yang membedakan dari pensil ini adalah memiliki mata pensil yang lebih besar.

Pensil ini sangat cocok untuk seniman yang sering menggunakan arsiran, biasanya dapat dilakukan dengan jari, kapas, kuas, dan alat khusus lainnya.

  1. Pensil Dermatograph

Pensil Dermatograph adalah salah satu jenis pensil yang berbeda dari pensil lain, karena pensil ini hanya dikhususkan untuk membuat sketsa atau menulis pada kaca.

Pensil ini memiliki tekstur yang licin atau tampak berminyak sehingga sulit untuk diterapkan pada media kertas. (Tapi masih ada yang menerapkannya di atas kertas).

Pada akhir pensil ini memiliki tali yang terhubung ke wadah. Fungsi tali ini adalah untuk pensil gratis. Ketika kami ingin membebaskan pensil ini dengan menarik tali secara perlahan.

Pensil Tukang

Pasti ketika membaca pensil ini fikiran kita tertuju ke bapak bapak tukang kan hehehe, memang iya sih. Pensil Tukang adalah salah satu pensil yang biasanya dipakai oleh tukang kayu.

Bentuknya saja sudah berbeda dengan bentuk pensil lainya, yang biasanya bentuk dari pensil bulat dan panjang, tetapi berbeda dengan pensil tukang yaitu berbentuk agak pipih memanjang. Pensil ini biasanya digunakan untuk menandai ukuran pada kayu, menggambar pola ukiran, dan lain sebagainya.

  • Pensil Rias
  • Pasti untuk cewek cewek sudah mengenal dengan pensil iniPensil Rias adalah salah satu jenis jenis pensil yang memiliki tekstur agak empuk sehingga mudah untuk digunakan serta di aplikasikan di wajah seseorang.Adapun beberapa pensil rias yang biasa digunakan di kalangan masyarakat umumnya yaitu :
    Eyebrow Mascara
    Eyebrow Gel
    Eyebrow Pencil
    Eyebrow Powder
    Eyebrow Tint

    7. Pensil Warna

Pensil Warna adalah salah satu pensil yang memiliki inti pigmen berwarna dan casing pelindungnya terbuat dari kayu. Pensil warna ini terbuat dari lilin, aditif, pigmen, serta bahan pengikat. Ada pula pensil warna yang berbasis minyak, serta bisa larut dalam air.

 

Inilah beberapa contoh produk yang sangat recomended untuk dibeli yaitu :

  1. Faber-Castell 36 Classic Colour Pencils Long.
  2. Maped Color’Peps Smart Box.
  3. Faber-Castell Colour Pencil Polychromos.
  4. Staedtler Luna Aquarell Watercolour Pencils 137 C36.
  5. Stabillo Aquacolur Wallet of 12.
  6. Greebel 12 Classic Colour Triangular Jumbo.
  7. Fila Lyra Graduate Aquarell.
  8. Prismacolor Premier Col-Erase Colored Pencils.
  9. Derwent Watercolour Pencils.
  10. Joyko Color Pencil CP-12 RT.

Watercolor Pencil

Pensil cat air atau sering disebut cat air pensil ini adalah salah satu pensil yang dapat larut ke dalam air.

Pensil ini adalah pensil yang dapat berfungsi sebagai cat air, jika digunakan bersamaan dengan sikat basah.

Pensil cat air ini juga dapat dicampur dengan pensil warna standar untuk menambah vibrant saat menggambar atau membuat sketsa.

  1. Pensil Grafit Stik

Pensil grafit adalah salah satu jenis pensil yang memiliki campuran bubuk grafit dan tanah liat yang telah kompresi dengan suhu tinggi yang solid.

Ketika digunakan biasanya pensil ini dilapisi dengan plastik sehingga tangan Anda saat menggambar atau membuat sketsa tidak kotor terkena dari warna pensil itu sendiri.

Dengan demikian deskripsi singkat tentang berbagai pensil dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan bahagia bekerja.

  • jenis jenis pensil warna
  • jenis jenis pensil alis
  • jenis jenis pensil dan fungsinya
  • jenis jenis pensil dan kegunaannya
  • jenis jenis pensil tulis
  • jenis jenis pensil Faber Castell

Tinggalkan komentar