Kumpulan Jenis Bahan Kain Katun Paling Lengkap Terbaru

Bahan Katun – Pasti Anda sudah biasa mendengar kata-kata kain cotton kan? Ya, memang nama lain dari cotton di negara Indonesia yaitu kain katun. Kain tersebut memang sudah lagi tidak asing di telinga masyarakat umum.

Buat sebgaian besar orang yang bertempat tinggal di berbagai daerah misalnya beriklim tropis, pastinya mereka memilih bahan kain yang dingin, adem dan dapat menyerap keringat.

Apabila sudah terkena keringat tubuh kita menjadi salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu sebelum membeli pakaian sebaiknya mempertimbangkan permasalahan tersebut.

Salah satu bahan pakaian yang mempunyai karakteristik tersebut adalah jenis bahan kain katun, karena bahan yang digunakan terbuat dari serta alami yakni kapas atau Gossypium.

Mengenal Bahan Kain Katun Dan Bahan Dasarnya

Mengenal Bahan Kain Katun Dan Bahan Dasarnya
Masmufid.com

Tahukah Anda kain katu? Katun adalah salah satu jenis bahan kain yang berasal dari serat alami tanaman kapas dengan nama latin Gossypium. Bahan ini lebih tinggi dari bahn baku tekstil yang paling banyak dibeli apabila dibandingkan dengan serat buatan sintesis.

Apabila kita memandang dari jauh, kapas itu sebenarnya merupakan serabut halus yang ada pada kapas tanaman. Kapas-kapas ini mulai dipanen ketika buah kompas  kapas sudah bernekaran dengan secara semourna, buahnya pula kering, juga cukup umur untuk dipanen.

Selain itu pula, warna kelopak tanaman kapas yang sudah berubah warna menjadi sawo matang dan akan menjadi rapuh saat kita terlepas, hal itu menunjukkan bahwa tanaman kapas sudah siap dipanen. Tahukah Anda bahan dan kain wolfis?

Berikut adalah beberapa contoh jemis kapas menjadi bahan utama kapas yang sering disimpan di dunia ini, misalnya :

G. hirsutum,jenis kapas asli dari Meksiko, Karibia, Amerika Tengah, dan juga

G. Floridabarbadense,jenis kapas asli dari Amerika Selatan Tropikaarboreum,jenis kapas G. asli dari lembah Sungai Indus di wilayah Pakistan dan India
G. herbaceum,jenis kapas yang berasal dari Levantia (hulu Sungai Tigris)

Sebelum dipilih menjadi benang, serat-serat kapas harus melewati berbagai proses yang cuikup lama dan panjang misalnya seperti kain yang ada di kaps dan juga serat yang panjang dan pendek.

Kemudian setelah melewati berbagi proses menjadi bahan benang katun, selanjutnya dilakukan proses penenunan menjadi lembaran kain. Lembaran kain inilah yang akan dibuat menjadi beberapa jenis baju seperti celana, gamis, embos dan lain sebagainya.

Pada dasarnya bahan katun terbagi menjadi dau jenis yaitu :

  1. Katun yang dipintal dan ditenun dari serat tanaman kapas
  2. Linen yang dipintal dan ditenun dari serat tanaman rami

Jenis Linen juga termasuk ke kategoti dalam katun, namun bisa disebut dengan katun linen. Apabila kita membandingkan dengan bahan katun biasa, linen katun mempunyai daya tahan yang lebih bagus dengan serta katunya lebih kuat.

Ciri-Ciri Bahan Kain Katun Cotton

Ciri-Ciri Bahan Kain Katun Cotton
Masmufid.com

Karena kain katun memiliki beragam pakainya dan jenisnya menyebabkan banyaknya bahan kain yang muncul di berbagai tempat pasaran. Kain katun mempunyai ciri dan karakteristik tersendiri.

Karakter inilah yang membedakan antara jenis kain ini dengan berbagai jenis, macam lainya. Berikut di bawah ini adalah beberapa karakteristik yang di miliki oleh kain katun.

1. Mudah Menyerap Keringat

Ciri khasnya dari kain katun adalah mudahnya dalam penyerapan keringat dan air, hal ini disebabkan di dalam kain katun tersebut terdapat rongga yang memungkinkan kulit untuk bernafas dengan sangat mudah sehingga keringat tubuh akan terserap dengan baik.

2. Memiliki Tektur Halus Dan Lembut

Tekstur yang dimiliki oleh kain katun memang terkenal sangat lembut dan halus. Karena ini memungkinkan buat pengguna untuk mendapatkan kenyamanan aktivitas keseharian, sehingga tidak mudah iritasi dan lain sebagainya.

3. Bahan Tidak Terlalu Tebal

Bahannya tidak terlalu tebal banget tentu sangat cocok digunakan di berbagai tempat wilayah yang panas. Meskispun panas akan tetapi tetap saja adem dingin, karena bahannya tidak terlalu tebal dan memiliki kemampuan dalam menyerap keringat.

4. Mudah Kusut Ketika Dikenakan

Ciri selanjutnya adalah dari jenis kain katun ialah ia mudah kusut ketika dipakai, walaupun ciri ini hanya ada pada beberapa jenis saja dan tidak semuanya kusut.

5. Adem Dingin Ketika Digunakan

Bahan kain katun juga terkenal ademnya lho, ketika dipakai. Inilah salah satu menjadi alasan tersendri buat banyak orang untuk memakainya dan menggemari jenis kain ini.

6. Mempunyai Bahan Yang Ringan

Bahan yang dimiliki oleh jenis kain katun ini tentu sangatlah ringan dan terlalu ringan, karena hal ini dikarenakan modelnya yang tidak terlalu tebal banget. Sehingga ketika dipakai untuk berbagai acara juga akan tetap cocok atau pantas.

7. Jenis Kainya Sangat Kuat Tahan Lama

Kain katun mempunyai jenis kain yang sangat kuat sehingga bisa tahan lama dan tidak mudah sobek, di samping itu pula, ia juga condong tidak mudah luntur maupun berubah warna. Bahkan kalau Anda merawatnya bisa hingga bertahun-tahun tetap awet.

  • Cocok Buat Segala Cuaca
  • Tidak
  • Nyaman Dipakai
  • Perawatan Bahan Katun Mudah
  • Membuat Alergi

Jenis – Jenis Kain Katun

Jenis - Jenis Kain Katun
Masmufid.com

Karena jenis kain katun memiliki banyak sekali jenis dan nama-nama yang berbeda pula dengan kualitas yang bermacam-macam membuat harganya juga berbeda-beda. Namun ada beberapa jenis kain katun yang bisa kita temui dengan harga lebih murah dari pada harga di pasaran.

Bahan Kain Rayon

Bahan Kain Rayon
Masmufid.com

Kain katun rayon, dalam industri tekstil dan konveksi bahan rayon ini sering pula disebut dengan kain rayon ini merupakan salah satu kain yang berbahan dasarnya berupa serat hasil dari regenerasi selulosa.

Selain itu nama lainya disebut dengan sebutan Cotton Rayon Blend Febric, yang artinya bahwa kain ini dibuat dari campuran antara dua buah serat kapas atau catton dengan serat rayon.

Menurut berbagai sumber banyak informasi yang didapatkan, bahwa jenis kain katun rayon ini banyka digunakan sebgai bahan dasar busana muslim.

Apa Itu Bahan Rayon?

Katun rayon adalah sebuah serat kain yang terbuat dari hasil regenerasi selulosa, hali ini karena disebabkan serat rayon tersebut itu terbuat dari selulosa yangtelah dimurnikan.

Jenis-Jenis Kain Katun Rayon

Setalah Anda mengetahui mengenai apa itu bahan rayon, selanjutnya akan membahas jenis-jenisnya, berikut di bawah ini :

  • Rayon Spandek
  • Rayon Jersey 
  • Rayon Polyester
  • Rayon Crinkie

Kemudian Macam – Macam Katun Rayon Lainya

  1. Bahan Katun Rayon Premium
  2. Bahan Katun Rayon Motif
  3. Bahan Katun Rayon Untuk Mukena
  4. Bahan Katun Rayon Polos
  5. Bahan Katun Rayon Janger
  6. Bahan Katun Rayon Viscose
  7. Bahan Katun Rayon Print
  8. Bahan Katun Rayon Jepang

Kelebihan Dari Bahan Katun Rayon

  • Bahan Kain katun rayon itu lebih berkilau dan bercahaya.
  • Tekstur yang dimilikinya itu relatif lebih lembut jika dibandingkan dengan bahan katun biasa.
  • Memiliki daya tahan yang lebih bagus dan awet jika dibandingkan dengan katun biasa.
  • Cara merawatnya juga tentu sangat mudah.
  • Bahan Kain Katun Jepang 

Kain Katun Jepang

Bahan katun Jepang salah satu jenis kain katun yang lebih disayangi karena keunggulanya dibandingkan dengan bahan katun yang lain. Biasanya harganya juga lebih tepat terbilangngya nmahal, tetapi lebih memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Kain Cotton Jepang terbuat dari 100% bahan Combed asli. Jenis kain ini memiliki tekstur yang sangat halus serta daya serap yang sagat tinggi. Dengan kualitas tetap yang terbaik tersebut, jenis kain ini relatif lebih mahal dari pada jenis Cotton yang lainnya.

Apakah Bahan Katun Jepang Itu?

Tahukah Anda bahan kain katun Jepang itu? Salah satu kain katun yang menjadi pilihan favorit saat ini adalah kain katun Jepang. Khususnya untuk para sahabat Muslimah yang biasa dan terbiasa menggunakan busana gamis.

Ciri-Ciri Bahan Katun Jepang

  • Bahan Katun Jepang mempunyai serta kain yang lembut.
  • Permukaan kain katun Jepang lebih halus.
  • Terbuat dari 90% katun kualitas premium.
  • Harga kain katun Jepang lebih mahal dibandingkan dengan kapas biasa.
  • Warna mengkilap, warna tidak mudah luntur dan tidak mudah pudar.
  • Daya serap lebih bagus daripada katun yang biasa.
  • Di bagian sisi ujung bahan ada tulisan desain Jepang. apabila tidak ditemukan maka biasanya ada kode warna pada kain tersebut.
  • Dapat menyerap keringat.
  • Warnanya lebih awet dan lebih tebal.

Kelebihan Atau Keunggulan Dari Bahan Katun Jepang

Kaya Motif, Jenis katun ini memang kaya akan beragam dan keindahan motifnya. Tapi selain itu pula tersedia banyak pilihan motif, ada juga kekurangannya, yaitu jarang sekali ada pembaruan motif sehingga tak jarang ada kesan monoton.

Terkenal Kelembutannya, apabila seseorang di tanya apa yang Anda harus di ketahui tentang katun jepang? Mungkin jawaban yang keluar adalah kain yang lembut. Katun jenis ini memang terkenal lembut, tentu bukan tanpa alasan.

Penggunaan serat kapas asli tanpa campuran bahan sintetis menjadikan katun ini begitu eksklusif di kelasnya.

Beberapa jenis katun lainnya menggunakan campuran bahan cvc ataupun microtencel yang masih ada campuran polyester, menyebabkan mengurangnya kelembutan pada kain tersebut

Lebih Tebal dan Lebih Berat, masalah ketebalan memang tidak perlu di perdebatkan lagi. Jenis katun ini memang cenderung lebih berat jika di bandingkan dengan katun lokal.

Mengapa demikian? Kerapatan bahan menjadi alasannya. Jika Anda bandingkan dengan katun lokal, dengan menyorotkan cahaya ke kedua kain tersebut, maka dapat Anda lihat cahaya mana yang banyak menembus kainnya.

Nyaman digunakan, jenis kain katun memang terkenal kenyamanan dalam penggunaan khususnya keseharian. Katun pada umumnya mempunyai daya serap keringat yang tinggi, dan juga tidak menimpulkan hawa panas ataupun dingin pada penggunanya.

Kain Katun Premium

Untuk jenis kain katun ini ada dua jenis yakni yang tipis dan ada pula yang tebal, selain itu kain ini memiliki beberapa macam keunggulan atau kelebihan misalnya, contoh berikut ini:

Ciri-Ciri Kain Katun Premium

  • Permukaan kain lebih mengkilap
  • Daya serap keringat paling rendah
  • Awet meski sering dicuci
  • Permukaanya terkesan berminyak 

Baca Juga Nama-Nama Nabi Dan Rasul Paling Lengkap

Kain Katun Toyobo

Kain katun Toyoba ini merupakan salah satu produk impor dari negara Jepang dan merupakan jenis kain yang laris terjual. Karena ada kain Toyoba yang KW maka berhati-hatilah ketika membelinya.

Seperti Apa Bahan Toyoba Itu?

Bahan katun Toyoba adalah jenis kain katun yang diimpor dari negara Jepang, serat kain yang ia milikinya sangat rapat dan kainya pula tidak tipis alias menerawang, Karakteristik bahanya adem, dingin enak ketika dipakai,, lumayan licin tapi tidak mengkilap.

Kain toyoba ini termasuk bahan kain yang tidak kaku, bahanya katun yang satu ini ringan dan agak jatuh. Walau tidak sejatuh bahan Wolfis, sebagai bahan kain yang dibuat dari serat alami katun.

Keunggulan Atau Kelebihan Bahan Katun Toyobo Original

Bahan kain Toyobo ini memiliki nama aslinya adalah Toyobo original from Japan, adalah jenis kain impor yang menjadi bahan rekomendasikan untuk kebutuhan fashion Anda.

  • Terbuat dari serat alam sehingga kain tersebut ketika dipakai rasanya adem
  • Meningkatkan kenyamanan dalam memakainya
  • Serat kainya yang sangat rapat
  • Lebih tebal dibanding bahan katun Jepang
  • Tidak menerawang 
  • Bahan halus dan lumayan licin. Serabut halus yang menyusun katun Toyobo tertata dengan rapi dan bagus. Bisa dikatakan, katun Toyobo memiliki kualitas diatas katun Ima.
  • Seratnya rapat, oleh karena itu tidak transparan.
  • Kain tergolong ringan. Meski seratnya rapat dan cukup tebal kain ini jika dikenakan akan terasa ringan.
  • Cocok untuk digunakan sebagai baju formal maupun non formal. Kualitasnyatermasuk yang paling baik dari jenis-jenis bahan kain katun yang pernah ada.

Kekurangan Katun Toyobo

  • Harga Mahal : Katun Toyobo Original from Japan rata-rata memiliki harga 47.000 per meter. Tentu harga ini cukup fantastis untuk harga pokok produksi di dunia fashion yang semakin hari semakin bersaing ini. 

Pasti harga tersebut lumayan mahal, apalagi jaman sekarang harga semakin mahal dan bersaing satu dengan produk lainya.

  • Susah Dicari. Untuk mendapatkan Katun Toyobo Original from Japan nyatanya gampang-gampang susah. Anda harus mendapatkannya langsung dari distributor kain impor yang sekarang susah dicari.

 

  • Riskan mendapatkan Katun Toyobo KW. Permintaan katun Toyobo yang tinggi membuat sebagian besar pabrik kain lokal membuat produksi katun toyobo yang memiliki kualitas menyerupai katun toyobo original from Japan dengan berbagai grade. Namun tidak jarang, pembeli tidak jeli sehingga terjebak ekspetasi membeli katun toyobo original tetapi malah membeli yang katun toyobo KW super.

Kain Katun Madina

Kain katin Madinah ini kainya tidak licin, selain itu karakteristik bahan yang terlalu ringan, sangat lembut, tidak pecah, matang dan dingin. Kemudian jenis kain katun madinah ini sangat cocok buat digunakan gamis syar’i dan jilbab.

Katun Supernova

Untuk jenis katun supernova ini memiliki karakteristik bahan yang adem, dingin, lembut, halus dan tergolong bahannya yang ringan. Apabila kawan mengamati tektur jenis katun supernova dengan seksama, maka terihat jelas serat-serat

Katun Linen Euro

Untuk jenis kain katun terbaru yang dapat direkomendasikan adalah katun linen euro, jenis kapas yang memiliki serat sutera yang paling lengkap dan juga besar. Selain itu pula, katun ini juga mempunyai karakter yang lumyan kaku.

Walau demikian, bahan ini sangat pantas atau cocok untuk digunakan buat bahan dasar baju kasual karena sifat kainnya yang lembut dan dingin saat dilapisi kulit. Bahan Linen Euro adalah jeis kain katun Linen yang mempunyai karakteristik casual, yakni mudah kusut, kaku tapi adem dan halus.

Karakteristik Kain Katun

Ciri dan karakteristik dari kain katun juga harus diperhatikan, mungkin beberapa sulit untuk mendapatkan jenis kain katun yang dijual pasaran dengan harga murah. Berikut di bawah ini karakteristik pakaian berbahan katun :

  • Memiliki tekstur kain yang lembut dan halus
  • Daya tahannya kuat dan awet tahan lama
  • Dingin atau adem ketika dipakai
  • Bersifat hipoalergik
  • Beberapa jenis katun ada yang mengkilap
  • Ada beberapa serabut-serabut halus
  • Cara Merawat Pakaian Berbahan Katun

Supaya Anda mendapatkan serat katun, tahan lama, awet kamu perlu memperhatikan dan memerlukan perawatan pakaian bahan kain katun ini dengan baik.

1. Menggunakan Sabun Deterjen Secukupnya

Menggunakan terlalu banyak sabun deterjen ketika mencuci, akan menyebabkan mengurangi daya tahan pakaian pada kain tersebut.

Dengan menggunakan sabun deterjen secukupnya saja dan meminta menggunakan deterjen yang lembut, maka salah satu cara agar kain katun tetap awet dan tahan lama.

2. Cuci Dengan Menggunakan Tangan

Apabila Anda memiliki bahan kain katun sebaiknya ketika mencuci dengan menggunakan tangan secara langsung, jadi di kucek memakai kedua tangan. Selain itu pula cara menguceknya tidak boleh kasar-kasar maupun keras.

3. Hindarilah Menjemaur Di Bawah Terik Matahari Secara Langsung

Ketika Anda menjemur kain berbahan katun sebaiknya hindarkan dari sinar matahari secara langsung. Cukup di angin-anginkan saja di tempat yang teduh juga nggak masalah.

Gunakan Suhu Khusus Untuk Bahan Katun Saat Menyetrika

Menyetel suhu kain katun memang berbeda dengan kain lainya. Kamu harus mengetahui semua cara merawat hingga mencuci dengan memperhatikan suhunya.

Gunakan Tambahan Lapisan Kain Saat Menyetrika

Ketika Anda melakukan menyetrika pakaian yang berbahan katun gunakan kain untuk menahan panas yang terlalu tinggi ketika menyetrika pakaian katun. Hal ini supaya kain tidak terjadi mengkilap.

Nah, demikianlah mengenai pembahasan artikel seputar bahan katun dan semoga bermanfaat serta bisa membantu Anda.

Tinggalkan komentar