Kumpulan Cara Dropship Dari Shopee Ke Shope Ke Shopee

Cara Dropship di Shopee – Anda ingin dropship secara online? Tetapi masih bingung mau mulai dari langkah mana? Atau nggak punya produk sendiri, santuy dan tetap tenang saja. Jaman sekarang semua sudah jadi modern kok.

Santuay saja sobat, sekarang semua dapat di beli maupun di jual lewat online. Dengan berbagai sistem reseller dropship dan aplikasi, kamu dapat langsung berjualan tanpa harus memiliki barang itu sendiri.

Jualan online menjadi salah satu bisnis masa sekarang yang sangat besar potensinya. Mulai potensi bisnis jualan online semakin meningkat dengan munculnya banyak marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan juga Shopee.

Cara Dropship Di Shopee

Cara Dropship Di Shopee

Masmufid.com

Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar di negara Indonesia dan banyak para dropshipper yang ikut berjualan di Shopee tersebut. Karena aplikasi tersebut juga sering mengadakan berbagai promo, gratis ongki, hadiah dan lain sebagainya, masih banyak.

Apabila pihak shopee sudah mengeluarkan promo dan sejenisnya, maka para dropshipper maupun para penjual lainya akan lebih untung. Maka dari sebab itu kamu bisa langsung berjualan di shopee juga ya?

Buat kamu ni, yang mau menjadi salah satu dropsip di shopee tentu sangatlah mudah dan tidak perlu ribet sama sekali. Hanya saja kamu apabila belum pernah ikut, maka perlu membutuhkan pemahaman serta edukasi tentang seluk beluk cara kerjanya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan dan memberitahukan kepada kamu cara dropship di shopee dan plus trik nya supaya kamu bisa kebanjiran orderan.

Cara Dropshiper Dari Shopee Ke Shopee

Cara Dropshiper Dari Shopee Ke Shopee

Masmufid.com

Buat anda yang berkinginan memulai bisnis dropship dan mencoba untuk dropship dari shopee ke shopee, disarankan untuk tidak mengguakan RESI otomatis, karena nantinya akan terjadi double entry di Shopee.

Sebaiknya dan lebih baiknya kamu tanya terlebih dahulu, sendiri kepada supplier kamu selanjutnya bertransaksi manual. Jika kamu ingin RESI otomatis dari kamu dan bukan dari supplier.

Karena kebanyakan supplier menggunakan RESI otomatis, maka kamu kemungkinan tidak dapat mengupdate RESI, karena data RESI hanya bisa di gunakan oleh satu toko. Berbeda dengan kasus apabila anda menjual di platform lain seperti tokopedia, bukalapak dan lainnya.

Dropship dari Shopee ke Shopee tidak disarankan apalagi dengan resi secara otomatis. Lebih baik lintas platform atau tanya terlebih dahulu manual ke supplier (order manual).

Apabila kamu ingin mempunyai RESI secara otomatis langsung dari seller di shopee, maka cara itu lebih mudah dilakukan. Berikut gambar di bawah:

Cara Dropship Dari Shopee ke Shopee

Shopymatic.com

Kamu tinggal pilih salah satu barang terlebih dahulu dari produk yang kamu inginkan jual kembali di supplier pihak shopee. Langkah berikutnya

Cara Dropship Dari Shopee ke Shopee

Shopymatic.com

Jika dari produk tersebut mempunyai beberapa varian, kamu pilih lah terlebih dahulu varian produk yang ingin kamu ambil.

 

Cara Dropship Dari Shopee ke Shopee

Shopymatic.com

Selanjutnya lakukan checkout dari pesanan yang ingin kamu ambil.

Cara Dropship Dari Shopee ke Shopee

Shopymatic.com

Pilih alamat serta isi semua data alamatnya, pengiriman dengan tepat sesuai dengan tempat lokasi pembeli kamu dan jangan lupa pilih menu dropshiping.

Cara Dropship Dari Shopee ke Shopee

Shopymatic.com

Bila perlu kamu bisa menambahkan catatan di buku maupun di hp.

Bagaimananakah Cara Dropship di Shopee?

Sebetulnya perlu kamu ketahui terlebih dahulu, cara agar barang yang kamu dijual bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang lebih jika dijual secara online.

Menghasilkan uang tambahan, Anda bisa menjual produk sendiri atau bahkan produk orang lain dengan cara dropship atau reseller. Dengan menjadi reseller dropship, Kamu tidak perlu membeli atau bahkan menyimpan stok untuk dijual.

Yang perlu Anda kerjakan hanya menjual kembali barang dagangan orang lain melalui lewat market place yang ada di jaraingan internet. Ada banyak marketplace saat ini seperti bukalapak, tokopedia, sophee dan marketplace maupun lainya.

Salah satunya dengan cara dropship di Shopee. Karena Shopee menjadi platform marketplace yang sedang naik melejat sangat tinggi, karena promo free ongkirnya. Jadi banyak Seller yang membuka lapaknya di Shopee.

Cara dropship di Shopee sangatlah mudah. Kamu tinggal mempromosikan produk kamu melalui lewat medsos, ketika ada yang order, Kamu bisa langsung order di Supplier dengan mengaktifkan tombol dropshipper. Otomatis nama pengirimnya nanti atas nama toko kamu jadi lebih mudah bukan?

Apakah kamu sudah punya produk yang akan dijual? Apabila belum, kamu dapat mendaftar menjadi reseller online shop diberbagai tempat lainnya.

Tapi sebelum kamu menjual berbagai barang dari orang lain dan di beberapa market place, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu trik jualan dan dropship di marketplace supaya kamu dapat mengetahui seluk beluk dalam dunia jual beli di  market place.

Cara Memesan Barang Untuk Dropship di Shopee

Jadi begini tahap-tahapnya jika kamu berkeinginan menjadi dropshipper menggunakan shopee :

Membuat Akun Di Shopee

Hal ini adalah tahap pertama dan tahap yang terpenting dalam memesan atau membeli barang di shopee tersebut. Karena apabila kamu belum membuat akunya, pasti kamu tidak akan bisa memesan atau membeli sesuatu barang hingga kamu membuatnya terlebih dahulu.

Mencari Barang Dan Membelinya

Mencari barang maupun vendor yang ingin kamu jual barangnya dan contohnya seperti baju maupun barang lainya.

Pilih varian (apabila ada) selanjutnya tekan tombol klik beli sekarang, atau bisa juga disimpan terlebih dahulu. Bisa di keranjang jika ada barang lain yang ingin kamu beli sekalian.

Usahakan hanya 1 vendor saja yang kamu jual barangnya. Karena ini nanti akan ada efeknya mengakibatkan pada ongkos kirim yang akan ditanggung oleh si pembeli.

Contohnya jika si pembeli membeli dua barangmu namun, ternyata dari vendor yang berbeda. Maka ongkos kirim yang akan ditanggung menjadi doubel sebab dikirim dari tempat serta toko yang berbeda.

Oleh karna itu totalnya lebih mahal, kecuali semua vendor yang kamu jual produknya gratis ongkir.

Cara Memesan Barang Untuk Dropship di Shopee

Masmufid.com

Selanjutnya kamu akan ada penunjuk jalan ke halaman belanja, kemudian pilih dengan mencentang semua yang akan kamu proses beli, lalu tinggal teken klik checkout.

Cara Memesan Barang Untuk Dropship di Shopee

Masmufid.com

Isi Alamat Pembeli

Setelah itu isi alamat pelanggan kamu dengan lengkap pada dari (form), ini harus benar sesuai, agar barang tidak nyasar ketika dikirimkan. Selanjutnya tinggal klik oke, ketika semuanya sudah lengkap sama dan sesuai.

Cara Memesan Barang Untuk Dropship di Shopee

Masmufid.com

Kirim Sebagai Dropship

Kemudian centang pada tulisan, “kirim sebagai dropshipper” lalu isi nama lengkap kamu dan nomer teleponmu.

Cara Memesan Barang Untuk Dropship di Shopee

Masmufid.com

Kemudian itu cari scroll ke bawah, pilih salah satu metode pembayaran serta lakukan pembelian seperti biasa umunya. Jadi sistemnya, yang pertama pasarkan terlebih dahulu produk dari vendor pilihanmu, terserah mau di pasarkan kemana.

Seperti yang saya tulis di atas tadi, bahwa kamu dapat menjual atau memasarkan kembali di berbagai media sosial dan bahkan bisa juga di shopee lagi.

Kemudian bagaimana apabila ingin menjualnya di shope lagi? Dan apa syarat-syarat berlaku serta apa yang diperlukan? Berikut di bawah ini :

Buat kamu yang ingin berjualan online di shopee, tapi ingin menjualkan barang orang lain dengan sistem dropship, ada beberapa syarat dan tata cara yang harus kamu perhatikan sebelumnya, yaiyu mulai dari :

  • Jenis Produk
  • Mencari Supplier
  • Menyiapkan Modal

Nah, secara otomatis ketika ada orang yang membeli atau si pembeli sudah memesan barang kita dan sudah membayar, maka uang pembeli akan ditahan oleh pihak shopee sampai barangnya terkirim sampai tuuan.

Jadi, ketika kamu mau memesan barang tersebut pada supplier, kamu harus membayarnya dengan uang pribadi sampai uang itu tergantikan oleh pelanggan kamu disaat barang sudah tiba.


Kemudian berapa modal yang harus diperisapkan terlebih dahulu? Ya, itu tergantung dari besarnya harga barang yang dipesan oleh pelanggan kamu.

Sedangkan apabila di shopee, uang akan cair disaat barang yang dipesan itu benaer-benar sudah sampai ke pembeli dengan keadaan aman.

Cara Berjualan Di Shopee Dengan Sistem Dropship

Setelah kamu memperhatikan dan sudah faham mengenai pembahasan di atas, cara selanjutnya adalah dengan menjadikan kamu penjual di shopee. Bagaimana cara berjualan di shopee? Berikut ikutilah langkah di bawah ini:

Membuat Akun Baru Shopee

Buat akun shopee lagi, karena memng hal ini yang paling penting. Apabila nggak punya akun, maka kamu tidak dapat memesan dan membeli barang dan hanya bisa melihat-lihat.

Tapi, kamu sudah memilikinya, nggak usah membuat lagi, cukup hanya masuk login dan kemudian melanjutkan langkah berikutnta.

Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Fitur ini saya sarankan untuk di aktifkan, hal ini memiliki fungsi untuk menarik semua pelanggan kamu. Karena si pembeli pastinya juga akan mempertimbangkan harga ongkir pada barang mereka, walaupun ada ketentuan supaya barang yang kamu beli bisa gratis ongkir.

Betul sekali, ketentuan ini juga akan membuat si pembeli membeli barang kamu dalam jumlah yang lebih banyak, dibandingkan dengan tidak ada gratis ongkirnya.

Biasanya ni, yang aslinya hanya ongin membeli satu, karena ada gratis ongkir dengan pembelian lima ratus ribu. Maka ia jadi membeli tiga atau bahkan lebih, karena ingin barangnya dikirim dengan gratis ongkir.

Memasukkan Data Bank

Setelah itu, masukkan data bank kamu secara lengkap, data bank ini memiliki fungsi untuk pencairan dana disaat barang kamu sudah sampai di tujuanya.

Isi Alamat Sesuai Dengan Alamat Supplier

Seperti yang sudah admin jelaskan di atas tadi, bahwa isi alamat penjualmu sesuai dengan alamat supplier. Hal ini tentu sangat penting dan perlu diperhatikan kembali, agar kedepanya nanti tidak mengalami kerugian.

Tetapi, kalau kamu tetap ingin mengisi alamat dengan alamat kamu dan menanggung resiko perbedaan harga ongkir, ya nggak masalah.

Cara Mengunggah Foto Beserta Deskripsinya Di Shopee

Setelah itu semua sudah selesai diisi dengan lengkap dan jelas, langkah berikutnya kamu dapat mengunggah foto beserta deskripsi produk yang akan kamu jual.

Bertujuan untuk memudahkan dalam memasukkan foto atau gambar dan beserta deskripsinya, kamu dapat menirukan foto dan deskripsinya supplier. Hal tersebut juga tidak bermasalah bila dilakukan

Yang Perlu dicatat Jika Apabila Ingin Dropship Dari Shopee ke Shopee

Masalaha Nomer Resi Otomatis

Jadi dalam fitur gratis ongkir di  shopee ada yang namanya resi otomatis dan ini fungsinya untuk memudahkan pelapak yang hasil nantinya jadi meribetkan dan mempersulit para dropshipper.

Dan salah satu-satunya jalan cara yang dapat kamu kerjakan adalah bekerjasama dengan pelapak di shopee. Bisa hubungi supplier pilihan kamu lalu bilang ke supplier kamu.

Kak atau Mas atau Mbak,  dll, saya ingin taruh produk di shopee dengan fitur gratis ongkir. Nanti kalau saya dapat order, saya akan kasih nomor resi saya ke kakak ya, terima kasih.

Kamu dapat bilang kepada supplier seperti contoh di atas, nanti kamu dapat langsung menghubungi si supplier ini untuk mengusru barangnya secara langsung. Jangan order di shoppe juga, tapi ke supplier karena nantinya akan menyebabkan nomer resi duobel.

Resi Tidak Dapat Diinput Dua Kali

Menggunakan yang otomatis masalah, yang manual pun juga membuat pusing karena tidak bisa di input kedua kalinya. Sistem pada market place waktu ini memang tidak bisa untuk menginput resi kedua kalinya di situs yang sama pula.

Jadi kalua kamu mau dropship dari tempat lain seperti, bukalapak, tokopedia dsb bisa saja kamu langsung order dengan fitur dropshipper dan menginput langsung resi yang diberikan oleh pelapak di market place lain.

Trik Berjualan Dengan Sistem Dropship

Selain mengetahui tentang seoutar cara berjualan, perlu diketahui juga cara dan triknya agar apa yang sudah kamu kerjakan bisa mendapatkan hasil dengan cepat. Berikut di bawah ini adalah berbagai cara yang bisa kamu perhatikan.

Mencari Supplier Dengan Satu Tema Produk

Langkah yang pertama kalinya adalah kamu harus perhatikan ialah tentang pencarian suplier. Carilah suplier yang mempunyai banyak macam produk namun hanya dalam hanya satu kategori saja.

Contohnya kamu ingin menjual  beberapa macam produk fashion. Kemudian carilah suplier yang mempunyai produk fashion lengkap seperti koko, kaos, baju, gamis, celana, rok, jilbab, topi, dan lain sebagainya.

Mengapa demikian hal itu harus di perhatikan? Hal ini dimaksudkan supaya toko kamu lebih berkualitas tinggi, dan orang yang membeli akan merasa mudah apabila ingin mencari sesuatu.

Jika kamu ingin menjual barang dengan kategori lainya contoh mainan anak atau alat dapur ibu rumah tangga lainya, buatlah akun vendor baru, jangan dicampur dengan menjadi satu dengan yang lainya.

Melakukan Survei Ke Pasar

Survei atau riset adalah bagian hal yang penting pula dalam memutuskan sesuatu. Setelah mentukan jenis barang yang ingin kamu jual, kemudian lakukanlah survei, pengecekan terlebih dahulu.

Ada beberapa sudut pandangan yang perlu diketahui dan diperhatikan ketika mensurvei barang untuk dijual. Misalnya :

  • Yang pertama ialah apakah produk yang ingin kamu jual banyak orang yang mencarinyai,
  • Kemudian mengecek persaingan penjual dengan produk yang sama,
  • Ketiga, perhatikan pula harga jual produk dikompetitor kamu.

Biasanya ni ya, produk dengan pencarian lebih banyak dan tinggi adalah barang yang menjadikan kebutuhan sehari-hari. Apabila sudah menemukan produk yang tepat dengan harga yang sesuai bisa mampu bersaing pula, baru kamu dapat menjualnya.

Menjual Produk Yang Asli

Langkah yang ketiga adalah, lebih baiknya kamu menjual produk asli, karena si pembeli akan lebih puas jika yang ia beli adalah produk yang asli tetap original.

Tapi, harus tetap memperhatikan harga jualnya pula. Walaupun barangnya original asli namun nilainya dan harganya memang terkadang jauh lebih tinggi dibanding dengan yang palsu.

Memilih Vendor Atau Supplier Terpercaya Amanah

Langkah cara selanjutnya ialah pilihlah supplier terpercaya dan amanah. Kamu bisa melihat dari ulasan dan record penjual saat akan menentukan siapa yang akan menjadi suplier vendor kamu.

Tidak perlu memberitahu vendor yang ingin kamu jadikan suplier apabila mencarinya di shopee. Tapi akan lebih baiknya vendor itu tau agar bisa menyetok barang yang anda butuhkan.

Manfaatkan Fitur Promosi

Setiap online shop sudah pasti mempunyai produk best seller atau produk dengan penjualan yang terbaiknya. Biasanya juga ada beberpa pilihan kategori best seller pada menu tersebut.

Silahkan pilih best seller dan lihat produk apa saja yang bagus untuk diperjualkan. Biasanya para pembeli melihat ketegori best sellet atau hot list di market place untuk menentukan barang yang menarik dibelinya.

Promosikan Toko Online Kamu Di Berbagai Media Sosial

Selain cara diatas, dan membuat toko online di shopee, kamu dapat mempromosikan juga di toko online yang sudah kamu buat di berbagai media sosial misalnya, facebook, Twitter, group whatsapp, Instagram, dan lain sebagainya.

Hal itu memang benar-benar dapat meningkatkan penjualan kamu karena semakin banyaknya orang yang mengetahui toko online yang anda miliki.

Tips Sukses Jualan Dengan Sistem Drpoship Shopee

Lebih menariknya lagi, kamu dapat dengan mudah memulai bisnis online dengan sistem dropship di shopee. Dengan menggunakan sistem dropship, kamu sama sekali membutuhkan modal apapun.

  • Mencari suplier yang menjual beraneka macam produk dengan tema yang sama
  • Melakukan survei pasar
  • Memodifikasi foto produk dari suplier
  • Manfaatkan fitur-fitur promosi dari Shopee
  • Promosikan toko online anda menggunakan media sosial

Kesimpulan

Dropship di shopee memang menjadi sebuah peluang usaha yang besar serta dapat menjanjikan apabila tetap di tekuni dengan serius. Berjualan di shopee memang menjadi sebuah asset, cara yang terbaik dan memudahkan kamu.

Itulah sekilas mengenai seputar cara dropship di Shopee yang mudah dapat dipraktekkan. Jangan lupa untuk mempraktekan apa yang sudah kamu  pelajari. Karena bisnis itu dibangun. Untuk membangunnya, Maka kamu harus perbanyak praktek. Suatu saat kamu akan menemukan sendiri cara yang paling efektif dalam menjalankan bisnis online ini.

Mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan bermanfaat. Terima Kasih

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply