1001+ Kumpulan Pantun Jawa Terbaru Terlengkap Kocak Baper

Pantun Lucu Jowo
Masmufid.com

Pantu Jawa – Salah satu jenis puisi yang sudah terkenal di dalam Nusantara Indonesia, yaitu bahasa Jawa dan bahasa tersebit dipakai daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kita dapat menghibur teman tidak harus sesuatu yang besar, cukup perkataan dan ucapan yang lucu dan bisa diambil manfaatnya yaitu pantun. Mungkin banyak orang yang mengira bahwa membuat pantun itu sulit.

Dalam bahasa Jawa pantun disebut parikan, biasa digunakan sehari-hari perutama waktu kumpul keluarga, teman dan menghibur orang lain. Daerah pedesaan sering ditemui seni pantun lucu dan dapat menghibur orang lain, menghidupkan suasana menjadi ramai.

Salah satu daerah yang menjadi penulis pantun orang Jawa Tengah, letaknya di Klaten bagian sisi utara. Orang pemuda sekitar banyak yang menggunakan pantun. Selain itu admin sebelumnya juga sudah membahas pantun bahasa Inggris.

Pantun Jawa Terbaru

Pantun Lucu Jowo
Masmufid.com

Kita dapat menghibur teman cukup perkataan yang lucu dan kocak, sebagian orang mengatakan bahwa seorang terbiasa menciptakan atau pembuat pantun hanya orang imajinatif, jago kata dan kreatif.

Pantun juga memiliki ciri ciri utama yaitu terdiri dari empat baris atau larik. Keempat baris tersebut memiliki irama yang bersilang (a-b-a-b) dan tentunnya mempunyai makna. Setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata atau sekitar 4-6 kata.

Jika Anda ketahu bahwa fungsi dari pantun bukan hanya sebagai penyampai pesan maupun lainya, parikan (pantun) juga sering dibuat sebagai hiburan tersendiri melalui kata-katanya yang menarik untuk di dengar.

“Tuku Gethuk
Nggarai kuru
Senajan ngantuk
Tak tunggu balesanmu.”

Orang Jawa menggunakan pantun ini kepada pasangan sedang menunggu jawaban, walaupun ngantuk tetap menunggu keputusan.

“Sragen magelang
Solo
Kebacut sayang
Ora wani kondo”

Maksud dari pantun diatas orang yang sudah suka, saling mencintai akan tetapi tidak berani mengungkapkan rasa cintanya.

Golek banyu
Teko Magetan
Ora kudu ayu
Seng pentheng nyaman

Orang mencari jodoh tidak harus cantik, kaya dan pintar, yang penting dalam pencarian jodah atau pasangan itu nyaman dan rumah tangga tentram.

Kayu gedang
Cacahe pitu
Cintaku terhalang
Mergo bondo Bapakmu

Cinta terhalang karena harta bapakmu, sebenarnya saling mencintai antara ke dua pasangan tersebut sebab takdir bapaknya yang menghalangi tidak dapat mencintai.

Mbah Kakung
Putune Ayu
Arep ditembung
Cah e mlayu

Ada kakek mempunyai cucu, mau diminta orangnya lari duluan, yang namanya cinta tidak akan selamanya. Walaupun kakeknya membolehkan tapi cucunya tidak mau sama saja tak berarti.

Pantun Cinta Bahasa Jawa

Pantun Lucu Jowo
Brilio

Usia remaja ialah dimana waktu dan masa mudanya penuh kesenangan, kebahagian, berfoya-foya, menghabiskan uang dan sering berbuat seenaknya.

Umur yang awalnya masih anak-anak kemudian menginjak kedewasaan mulai berfikir dan mengetauhi arti, makna kehidupan. Seorang yang memiliki rasa cinta memang sudah biasa, jadi suatu hal yang maklum biasa.

Beras kencur digawe lemper
Kelingan kowe nggarae baper
Mangan iwak karo gudang
Kendhel ngomong neng ora wani nembung

Mengingat kamu membuat rasa menjadi ke bawa perasaan, sebenarnya berani bicara tapi tidak berani bilang, itulah cinta terkadang terlalu berani tapi tidak mau bilang.

Udud te merek surya
Wedange kuku bima
Jare ngakon setia
Eh, malah berdua

Katanya menyuruh setia, akhirnya menduakan, pasangan yang romantis itu perlu membutuhkan rasa cinta, keromantisan dan kesetian dalam hidupnya, jangan sampai menyuruh tapi tidak perhatiakan.

Kathok suwek
Kecepit lawang
Gayane cuek
Padahal sayang

Celana sobek, terjepit pintu, gayanya cuek, padahal sayang, gaya dirinya pada orang lain cuek, sebenarnya dia tetap sayang.

Ngombe wedang cincau
Lawuhe bakwan
Mung sebatas konco
Tapi nduwe perasaan

Walaupun sebatas teman tapi mempunyai rasa perasaan cinta dalam hati, jadi teman itu bisa membawa perasaan adanya cinta.

Montor baru
di gondol pacu
Woy, cah ayu
I love you

Pantun ini bisa kalian gunakan kepada pasangan kalian atau memanggil cewek cantik menatakan aku cinta padamu.

Pantun Bahasa Jawa 2 Baris

Wayang golek
Makan sate
Wong elek
Lagi ndelok hp

Gatot kaca
Makin penyot
Yang baru baca
Mulai sewot

Naik tangga
Sambil makan mangga
Eh ada orang tua
Lagi baca WA

Ada kuda
Berbadan kurus
Udah dibilang tua
Masih tetap aja baca terus

Baca Juga Jual Grosir Hanger Kawat Berkualitas Terlengkap Harga Merakyat

Pantun Wong Kerjo Bahasa Jawa

Pantun Lucu Jowo
Tagar Kta

Selain pantun digunakan untuk menghibur bisa menyampaikan pesan, sebagian komedi memakai pantun lucu dan suaranya enak didengar.

Ndue rencang sregep ngaji
Jenenge Mamad karo Rijali
Konco-konco ndang ngopi
Sangu kerjo nggolek rabi

Maksud pantun diatas orang bekerja keras, membanting tulang untuk membiayai semua kebutuhan menikah. Boleh untuk orang yang mau menikah memakai pantun ini.

Tumbas termos nggo wadah sego
Termose gede tur kurang ombo
Seng penteng saiki kerjo
Sak durunge loro teko

Seseorang yang berkeinginan untuk bekerja harus memerlukan tenaga exstra, sebelum sakit datang dan mengenai, harus melakukan pekerjaan.

Sapi kecil seperti tapir
Dibuka buku sang kurir
Paling enak jadi supir
Ada susu mampir

Pantun bekerja menjadi penyemangat orang lain untuk bekerja keras untuk mencapai keinginan dan cita-cita yang harus diraih.

Menelan roti kotor
Muka tambah nian
Paling enak kerja di kantor
Kerja selesai main mobile legen

Orang bekerja dikantor menjadi salah satu keinginan orang sekitar kita, gaji yang besar dan tetap menjadi incaran seorang, kalian biasa memakai pantun ini ke teman supaya mau kerja dikantor.

Burung elang terbang ke awan
Membawa anak dan telur
Paling enak kerja pertanian
Kerja selesai langsung tidur

Bekerja menjadi tani memang sangat berat dan harus sabar, mulai menanam, merawat dan memanen menunggu waktu cukup lama, terkadang hasilnya tidak sesuai keinginan.

Ke jakarta mencari telur asin
Tiada daya tanpa kelor
Nasib kuli bangunan
Uang dibawa kabur sama mandor

Pantun untuk kuli bangunan yang bernasib kurang baik yaitu hasil kerja keras gajinya di bawa pergi sama mandor kurang ajar, tidak tau diri melakukan kebohongan besar terhadap kuli.

Semakin malam makin sunyi
Suara murutal hilang
Paling enak jadi penyanyi
Susah senang suara selalu kencang

Penyanyi jaman sekarang sedang populer dan menjadi hiburan sebagian orang yang menyukai dunia musik, suara harus nyaring merdu, enak didengar.

Mangan kacang karo kanco
Konco cedak adoh tonggo
Samben dino kerjo
Nggolek duet nggo keluargo

Bekerja demi keluarga menafkahi anak dan istri menjadi kewajiban seorang, tiap hari bekerja mencari uang supaya dapat membahagiakan keluarga.

Pantun Jawa Lucu

Pantunb Lucu
Masmufid.com

Bahasa Jawa kata-kata memang banyak yang lucu dan dapat menghibur orang lain, di dalam bahasa Jawa terbagi menjadi 2 yaitu Jawa kasar, kromo dan alus.

Telo kok di unter-unter
Neng tangan mari biru
Bojone wong koko di pikir
Nggaraei awak kuru

 

Awan mikir bengi mikir
Mikerne cah Solo
Samben dini ngiker
Seng di pikir ora rumongso

 

Cah enom mangan sego
Sego dipangen bareng gulo
Wes dangu mboten ngomong Jowo
Dinten bakdo njalok ngapuro

 

Nek tuku siwak
Malem kemis
Yen kroso penak
Ora gelem uwes

 

Numpak pesawat tuku sandal
Sandal ilang kelangan seket ewu
Nek rung penak ojo njajal
Ojo metu yen durung mlebu

 

Sego tiwul lawuhe karak
Sego goreng kurang uyah
Ajeng tekok kapan nikah
Pacar kulo derng gadah

 

Golek warung pinggir kali
Meh mangan lawuhe anyep
Kowe ojo nganti lali
Mergo aku cinta banget

Nyambut gawe
Maculi sawah
Ora ono kowe
Ora masalah

Pantun jawa sindiran

Ono kucing ngoco
Yen wes sugeh lali konco
Sapi nyeruduk bagian gulu
Pejabat korupsi ojo di tiru

 

Ono pithik loro
Yen wes mangan lali karo konco
Manuk nelek siseh gulu
Wong ngapusi ojo ditiru

 

Melati mekare sore
Sirahku mumet mikerne kowe
Sambel pedes sambel kacang
Sayang gundule nonong

 

Tuku degan
Neng prapatan
Nek sekolah kerudungan
Yen ora sekolah ora kerudungan

 

Dodol rambutan
Neng ngisor wit ringin
Nek neng omah sopan
Ra neng omah sok sopan

 

Mangan gethuk
Marai kuru
Senajan Ngantuk
Tak tunggu rabimu

Pantun Jawa Bikin Baper

Pantun Lucu
Buatlagi

Tonggo sebelah adol buku
Tahun depan munggah kaji
Yen aku seneng kowe
Opo yo kudu koyo iki

 

Kacang yo ketan
Nek dipangan yo gurih
Chat chatan yo pacaran
Gak dibales yo perih

 

Iki wet degan
Dudu koco
Iki perasaan ojo
mbuk gawe loro

 

Es cendol
Gulone puteh
Atiku wes mbuk gondol
Ngopo kok nggawe sedih

 

Segere sirup marjan
Indahnya Ramadhan
akehi petasan
Ngincali mantan

 

Wedi yo wedi
Nek mateng yo legi
Mbaperi yo mbaperi
Tapi kudu wani macari

Parikan Suroboyoan

Pantun Lucu Jowo
Masmufid.com

Pantun Suroboyoan memiliki pantun kocak sehingga dapat tertawa keras, bisa memberikan manfaat, nasehat dan hiburan kepada orang lain.

Wayah esok bakul methuk
Model untu pra begok
Ketemu wedus neng Sragen
Entuk pacar nek wes tuku sedan

Rabi iku sunnah sangkeng Nabi
Entuk lima opo telu
Nunggu wong marani
Teko tumwek ora ono seng marani

Kota Sragen kota impian
Pilang bangu kota beriman
Ayo lurr podo mangan
Sego kucing enak tenan

Tumbas telo di adahi godong
Cah e ayu neng Jombang
Njipuk wedang ngisi tandon
Mboso yen merenges kethok ompong

Es jeruk gulo Jowo
Aku ketemu nggarae lego
Merem melek sikel kaku
Sopo seng gelem nderek aku

Pantun Jawa Bergambar

Gambar Pntun Jawa
Kepogaul
Pantun Jawa
Kepogaul

Itulah pantun berbahasa jawa yang lucu, kalian bisa menggunakan keseharian kepada teman, pasangan dan keluarga. Dapat menghibur selurah orang.

Semoga menjadi bermanfaat bagi kalian semua, boleh dibagikan ke seluruh orang sekitar kalian. Terima kasih banyak sudah membaca artikel ini. Jika ingin lebih lengkap perihal pantun, kunjungi Alfikeer.com.

 

 

Tinggalkan komentar